Sunday, September 03, 2006

Ekspor Daun Pisang


Jika Anda penduduk Jakarta, makan lontong, atau panganan lainnya yang menggunakan pembungkus daun pisang?, tahukah Anda dari mana daun pisang pembungkus makanan itu?.

Seorang anak muda serius sekali menyatukan ratusan lipatan daun pisang menjadi lima ikat besar yang masing-masing berjumlah seratus lipatan daun .... daun pisang itu dipersiapkan untuk diangkut dengan kereta api dari stasiun Rangkas Bitung menuju Jakarta ... di Stasiun Kebayoran Lama Jakarta Selatan sudah ada orang yang menjemput dan menyalurkan ke pedagang, dia tak ikut ke Jakarta ... daunnya dititipkan kepada teman yang lain, pembayaran dilakukan seminggu sekali ... menurut dia saat ini sulit sekali mencari daun pisang batu karena musim kemarau berkepanjangan .... biasanya rata-rata dalam sehari dia mengirimkan dua belas ikat daun ... sekarang mencari empat atau lima ikat saja susah sekali.

Menjalani profesi menjual daun sudah dijalani sejak berusia 8 tahun, mengikuti pamannya yang melakukan hal yang sama .... saat ini usianya 18 tahun ....

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home