Wednesday, February 28, 2007

Tim Sukses


Selasa 27 Februari 2007 Saya mendapat kehormatan untuk membuka WORKSHOP GURU MATEMATIKA SMK SE DKI JAKARTA yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMK DKI Jakarta, berikut ini adalah inti sambutan Saya;

Kemarin di Holywood USA berlangsung penganugrahan OSCAR dengan tema keragaman, di Kalimantan Tengah berlangsung upacara yang melibatkan etnis Dayak, Melayu dan Cina ... keragaman menimbulkan rasa persatuan yang mengesankan ... Indonesia juga memiliki falsafah BHINEKA TUNGGAL IKA... keragaman yang menyatukan bangsa ... tapi kenapa kita harus selalu berseragam ... kebiasaan berseragam dalam jangka waktu yang panjang akan membuat seseorang tak berani berfikir dan berkata beda dengan lingkungannya ... selanjutnya, seseorang menjadi terpaku pada pola yang selalu seragam ... dan gejalanya warga negeri ini jadi miskin kreatifitas ... karena kreatifitas menuntut keberanian tampil dan berfikir BEDA dari pakem yang berlaku

Harapan Saya, guru-guru anggota MGMP mampu berfikir kreatif, termasuk dalam menyikapi "Tim Sukses UN" dalam konotasi negatif ... kita harus berani menolak jika diminta untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan etika pendidik ... Kreatifitas untuk mengantarkan anak didik lulus dengan cara yang elegan akan memunculkan strategi-strategi yang jitu dan efektif ... sementara ketakutan dan rasa pesimis akan munculkan ide untuk mengambil jalan pintas ... untuk apa belajar hingga tiga atau empat tahun jika saat Ujian Nasional diberikan (.......... ^-^), ribuan hari yang telah dilalui jadi tak bermakna, dihancurkan oleh perbuatan dalam hitungan menit ... sementara anak didik kita akan semakin tak respek pada guru dan dunia pendidikan.

Dis sisi lain, inovasi-inovasi harus dilakukan untuk merespon e-learning yang sudah dijalankan di banyak negara ... agar Indonesia kita bisa sejajar dengan bangsa lain, sudah saatnya guru mampu melekukan pembelajaran berbasis e-learning melalui BLOG, WEBSITE, dll.

Anak didik yang kita hasilkan harus mampu bekerja lebih baik dari generasi sekarang agar kecelakaan tak sering terjadi seperti sekarang ini ... Keep Fight my friends.

Cat: foto yang sertai tulisan ini adalah bagian dari upaya kami membentuk generasi yang percaya diri

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home