Sunday, March 25, 2007

KTSP Kulon Progo Jogjakarta


Sejak Kamis 22 Maret 2007 Saya berada di Kulon Progo Jogjakarta untuk melaksanakan
tugas pendampingan Penyusunan KTSP yang diberikan oleh Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas RI, menemani Ibu Veronica dan Ibu Hadiyati, yang diharapkan proses penyusunan KTSP di seluruh Indonesia bisa segera tuntas dan menjaring masukan serta aspirasi di lapangan.


Tiba di stasiun Wates, Kami dijemput oleh Pak Drs. Harminto, MM ... langsung menuju Dinas Pendidikan Kulon Progo karena telah ditunggu oleh kepala dinas kecamatan dan beberapa kepala sekolah yang menjadi panitia. Hampir magrib acara tuntas ... diakhiri dengan jamuan dan ramah tamah



Jumat Pagi Kulon Progo diguyur hujan cukup lebat yang tak henti sejak sore kemarin ... tetapi hal ini tak mengurangi motivasi stakeholder pendidikan Kulon Progo untuk hadir di acara kami .... Selesai pembukaan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kulon Progo, Drs. Muhammad Mastur, BA ... tim Pusat Kurikulum memberikan sedikit pengantar, dilanjutkan dengan dialog interaktif. Seru sekali lalu lintas dialog, menunjukkan keseriusan guru, kepala sekolah dan dinas pendidikan Kulon Progo menyikapi perubahan paradigma pendidikan di negeri ini.


Setelah istirahat Sholat Jumat dan makan siang, kegiatan pemdampingan dilakukan kerja kelompok berdasarkan jenjang pendidikan ... karena sebagian besar SMA dan SMK di Kulon Progo telah menyusun KTSP maka, kegiatan difokuskan pada inventarisasi kendala-kendala dan aspirasi di setiap kelompok pendidikan.

Saya membagi SMK menjadi enam kelompok dan SMA 3 kelompok ... setelah mereka berdiskusi dengan kelompoknya, hasil nya dipaparkan untuk diketahui anggota kelompok lainnya ... menggairahkan ... indikasi dasi sebuah proses perubahan yang berlangsung.


Secara umum teman-teman mengemukakan kekurangan sarana dan prasarana, penambahan jam belajar, alokasi waktu per mata diklat, jam praktek di sekolah, dan industri ... acara berakhir hampir pukul empat sore.

Labels:

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Bapak kacamatanya jadul juga yah, he he he

7:23 AM  
Blogger DEDI DWITAGAMA said...

raf, itu foto peserta yang presentasi ... thx 4 dropping

12:36 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home